Direktorat Jenderal Pajak Ajak BRI Optimalisasi Pendapatan Negara

Direktorat Jenderal Pajak Ajak BRI Optimalisasi Pendapatan Negara

Tax Consultant Jakarta – BRI kembali hadir untuk memperkuat kerjasamanya dengan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan RI. Kerja sama ini adalah bentuk komitmen dari kedua belah pihak dalam rangka memberikan pelayanan dan kemudahan berkaitan dengan pajak dan masyarakat.

Direktur Jenderal pajak dan Direktur Utama Bank BRI menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding mengenai Kerja Sama Dalam Rangka Pemanfaatan Layanan Pajak dan Jasa Perbankan.

Direktur Utama Bank BRI, Suprajarto mengatakan kerja sama ini adalah upaya real dari Bank BRI untuk membantu pemerintah meningkatkan penerimaan kas negara melalui sektor pajak. “Dengan adanya nota kesepahaman ini, Direktorat Jenderal Pajak serta Bank BRI bersepakat untuk saling bekerja sama mengembangkan berbagai layanan elekteronik tidak terkecuali e-billing, layanan pengembangan kartu pintar NPWP, kios pajak dan layanan elektronik lainnya” ungkap Suprajarto.

Sekarang ini Bank BRI dan Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan pengembangan e-billing yang mana telah berjalan secara nasional. Selanjutnya, Bank BRI bersama DJP akan melakukan tahap berikutnya, termasuk menyempurnakan sistem billing bulk, meningkatkan layanan pembayaran billing valas, mengembangkan kanal pembuatan kode billing serta mengadakan sosialisasi bersama juga evaluasi pengembangan billing.

Selain merencanakan peningkatan layanan e-billing, selanjutnya akan dikembangkan pula layanan kiosk pajak termasuk fitur pendaftaran NPWP, pelayanan konfirmasi status WP dan pembuatan billing.

Direktorat Jenderal Pajak dan Bank BRI sepakat untuk saling bekerja sama menerbitkan dan memperluas kartu pintar NPWP yang juga disediakan BRI dalam bentuk debit card dan uang elektronik yang di-inject dengan memakai applet menarik DJP jadi bisa mengintegrasian seluruh data dari identitas kepegawaian dan data identitas penting lainnya.

Pada tahapan berikut ini, Kartu pintar NPWP mulai dikembangkan untuk para pegawai DJP serta berfungsi pula sebagai kartu pengenal pegawai di seluruh tempat kerja DJP. “Kartu pintar NPWP selain menjadi kartu identitas juga bisa dipakai untuk transaksi, harapan kami bisa mendorong cashless society terutama di lingkungan kerja DJP” ungkapnya.

Selain itu, Bank BRI turut menyediakan jasa aplikasi yang bisa memberikan layanan laporan SPT individu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *